1001info

brings your knowledge in here.....!

Minggu, 15 April 2012

Contoh KKP

ANALISA SISTEM LAPORAN DAN PERTANGGUNG JAWABAN PROGRAM NASIONAL PEMERDAYAAN MASYARAKAT MANDIRI PERDESAAN(PNPM-MP)
 DI KECAMATAN KARUSEN JANANG TAHUN


LAPORAN KULIAH KERJA PRAKTEK
Diajukan untuk memenuhi mata Kuliah Kerja Praktek
pada Program Diploma Tiga (D.III)

Disusun oleh :
Agustovo    (12088686)
Dody maulana (12088788)
Jurusan Manajemen Informatika
Akademi Manajemen Informatika dan Komputer Bina Sarana Informatika
Ciledug
2010








BAB I
PENDAHULUAN

1.1.  Umum
Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi saat ini berkembang dengan pesatnya, tidak terkecuali di Indonesia. Perkembangan tersebut salah satu terlihat pada perkembangan komputer, baik dari hardware dan software, ilmu, serta aplikasi sistem yang berkaitan dengan usaha manusia untuk mempermudah usaha dan pekerjaannya. Perkembangan itu juga tidak terlepas dari kemampuan sumber daya manusia ( SDM ) dan sarana-prasarana pendukungnya. Untuk itu perlu suatu trobosan dan inovasi yang bisa meningkatkan kualitas SDM Indonesia. Trobosan atau inovasi itu haruslah memperhatikan beberapa aspek dan lini kehidupan masyarakat, agar tecapainya kemajuan disegala bidang.
Indonesia memiliki  persoalan kemiskinan dan pengangguran. Kemiskinan di Indonesia dapat dilihat dari tiga pendekatan yaitu kemiskinan alamiah, kemiskinan struktural, dan kesenjangan antar wilayah. Persoalan pengangguran lebih dipicu oleh rendahnya kesempatan dan peluang kerja bagi angkatan kerja di perdesaan.  Upaya untuk menanggulanginya harus menggunakan pendekatan multi disiplin yang berdimensi pemberdayaan. Pemberdayaan yang tepat harus memadukan aspek-aspek penyadaran, peningkatan kapasitas, dan pendayagunaan.
Mulai tahun 2007 Pemerintah Indonesia mencanangkan Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat (PNPM) Mandiri yang terdiri dari PNPM Mandiri Perdesaan, PNPM Mandiri Perkotaan, serta PNPM Mandiri wilayah khusus dan desa tertinggal. PNPM Mandiri Perdesaan adalah program untuk mempercepat penanggulangan kemiskinan secara terpadu dan  berkelanjutan. Pendekatan PNPM Mandiri Perdesaan merupakan pengembangan dari Program Pengembangan Kecamatan (PPK), yang selama ini dinilai berhasil. Beberapa keberhasilan PPK adalah berupa penyediaan lapangan kerja dan pendapatan bagi kelompok rakyat miskin, efisiensi dan efektivitas kegiatan, serta berhasil menumbuhkan kebersamaan  dan partisipasi masyarakat.
Dari adanya permasalahan diatas, penulis merasa perlu untuk ikut serta berpartisipasi untuk menjalankan program pemerintah itu. Untuk itu perlu suatu analisa dan tindakan komputerisasi didalamnya. Sesuai dengan judul KKP ini yang telah penulis simpulkan
“ Analisa sistem laporan dan pertanggung jawaban Program Nasional  Pemerdayaan Masyarakat Mandiri Pedesaan ( PNPM-MP ) di Kecamatan Karusen Janang”

1.2.  Maksud dan Tujuan
Maksud dari penulisan KKP ini adalah sebagai berikut:
1.      Untuk  menerapkan dan mengebangkan ilmu pengetahuan yang didapat oleh penulis selama mengikuti perkuliahan di Akademi manajemen Informatika dan Komputer Bina Sarana Informatika ( AMIK BSI ) Jurusan Manajemen Informatika.
2.      Untuk mempelajari apa saja kekurangan dan kelebihan pada Program Nasional  Pemberdayaan Masyarakat Mandiri Pedesaan ( PNPM-MP ) di Kecamatan Karusen Janang, serta memberi solusi yang terbaik pada program pemerintah itu.
3.      Mempermudah dan mempercepat pekerjaan serta menghasilkan informasi yang cepat, tepat dan akurat.
            Adapun tujuan dari penulisan ini adalah untuk memenuhi salah satu syarat untuk mata kuliah KKP (Kuliah Kerja Praktek) pada Program Diploma III (D.3) Jurusan Manajemen Informatika pada  Akademi Manajemen Informatika dan Komputer Bina Sarana Informatika (AMIK BSI).
1.3.            Metode Penelitian
Dalam Laporan Kuliah Kerja Praktek ini penulis telah mengupulkankan data-data yang diperlukan dengan beberapa metode
Yaitu :
1.      Observasi
Disini penulis terjun langsung ke kantor kecamatan Karusen janang dengan cara mengamati langsung terhadap objek penelitian yang tentunya akan memudahkan untuk mendapatkan informasi yang dibutuhkan
2.      Wawancara
Penulis melakukan pengumpulan data dengan cara tatap muka langsung dan tanya jawab dengan pegawai yang tentunya berkopetensi dibidangnya sehingga diperoleh penjelasan yang lebih rinci dan jelas.
3.      Studi Pustaka
Mengumpulkan data-data yang diperlukan dengan mencarinya di buku-buku, artikel, majalah, dan file-file yang tentunya berhubungan dengan topik.
1.4.  Ruang Lingkup
Penulis membatasi permasalahan dan pembahasanya hanya disekitar ruang lingkup sistem laporan bulanan Program Nasional  Pemerdayaan Masyarakat Mandiri Pedesaan
( PNPM-MP ) di Kecamatan Karusen Janang.
1.5.  Sistematika Penulisan
Dalam laporan ini penulis membagi menjadi beberapa bab untuk mempermudah penulis dalam menyusun dan mempermudah bagi pembaca untuk memhaminya yang mana tiap-tiap bab terdiri dari sub-sub bab yang merupakan pejelasan dari bab-bab sebelumnya. Berikut pembagian bab-bab dalam laporan ini :
BAB I             PENDAHULUAN
Bab ini meliputi uraian mengenai pengertian umum, maksud dan tujuan, metode penelitian, ruang lingkup, dan sistematika penulisan.
BAB II            LANDASAN TEORI
Bab ini menjelaskan tentang hal-hal yang berkaitan dengan konsep dasar sistem dan peralatan pendukungnya yang meliputi diagram alir data, kamus data, dan struktur kode.
BAB III          ANALISA SISTEM BERJALAN
Pada bab ini, penulis akan menguraikan masalah pokok dari objek penulisan laporan ini meliputi sejarah program, struktur organisasi, prosedur sistem berjalan, kamus data sistem berjalan, diagram alir data, spesifikasi sistem berjalan, permasalahan pokok, dan alternatif pemecahan masalah.
BAB IV          PENUTUP                                                                                             
Bab ke empat merupakan bab terakhir yang berisikan kesimpulan dan koreksi dari hasil penulisan disertai saran–saran dari hasil penelitian yang telah dilakukan oleh penulis.


KATA PENGANTAR
Puji syukur, penulis panjatkan kehadirat Tuhan yang Maha Esa, yang telah melimpahkan rahmat dan karunia-Nya, sehingga pada akhirnya saya dapat menyelesaikan penyusunan Kuliah Kerja Praktek ini dengan baik, meskipun isinya sangat jauh dari sempurna dengan banyak kekurangannya, baik dari kesalahan dalam hal penggunaan bahasa maupun ketelitian dalam pengetikannya. Adapun judul yang saya tulis untuk Kuliah Kerja Praktek ini adalah :
Analisa Sistem Penerimaan Anggaran Pendapatan Daerah Kabupaten Barito Timur Tahun 2009”
            Tujuan penulisan Kuliah Kerja Praktek ini dibuat sebagai salah satu syarat kelulusan Program Diploma Tiga (D.III) Akademi BSI. Sebagai bahan penulisan diambil berdasarkan hasil penelitian, observasi, dan beberapa sumber litelatur yang mendukung penulisan ini. Penulis menyadari bahwa bimbingan dan dorongan dari semua pihak, maka penulisan KKP ini tidak akan lancar. Oleh karena itu pada kesempatan ini, maka izinkalah penulis menyampaikan ucapan terimakasih kepada :
1.      Bapak Ir. Naba Aji Notoseputro, selaku direktur Akademi-Akademi BSI.
2.      Ibu Hj. Eni Heni Hermaliani, S.Kom, MM selaku kepala Bidang Kejurusan Komputerisasi Akuntasi
3.      Bapak Yanuardi, S.Kom, selaku dosen pempimbing Tugas Kuliah Kerja Praktek (KKP)
4.      Bapak
5.      Bapak Silpanus, SP, selaku PJOK 

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar